Hari Ini KPU Gelar Uji Publik Dapil


Tigaraksa,Hari ini KPU Kabupaten Tangerang akan gelar uji publik daerah pemilihan (Dapil) Pemilu 2014,Sabtu (23/2).Padahal sebelumnya KPUD sudah mengusulkan tiga usulan Dapil.

Anggota KPU Kab.Tangerang Ahmad Jamaludin mengatakan,dalam Undang-undang No.8 tahun 2012 tentang pemilihan umum anggota DPR,DPRD,dan DPD-RI dalam pasal 27 dikatakan ,daerah pemilihan di tetapkan paling sedikit tiga orang perwakilan rakyat dan paling banyak 12 orang tergantung jumlah penduduk.

hasil kajian KPU Kab.Tangerang yang memiliki jumlah penduduk sekitar 2,9 Juta Jiwa dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 1,9 Juta Jiwa ,maka di usulkan sebanyak enam dapil.Dalam penetapan Dapilk Itu sendiri KPU mengambil landasan pada letak geografis dan sejarah pemekaran kecamatan masing-masing.dari hasil kajian tersebut KPU menetapkan enam dapil dengan pembagian daerah selatan dan daerah utara kabupaten Tangerang.Pembagian dua wilayah ini di maksudkan untuk memudahkan pembagian Dapil Provinsi  Banten yang menetapkan dua Dapil.

Usulan enam dapil tersebut akhirnya di kaji ulang dan KPU kembali mengusulkan draf enam dapil baru dengan susunan sebagai berikut.Dapil I terdiri dari kecamatan: Balaraja,Jayanti,Solear,Cisoka,Tigaraksa dan jambe,Dapil II terdiri dari kecamatan: Curug,Panongan,Cikupa.dapil III terdiri dari kecamatan: Kelapa dua,Legok,Pagedangan dan Cisauk.
Sementara Dapil IV terdiri dari Kecamatan:Sukamulya,Kresek,Gunung Kaler,Kronjo,Mekar Baru,Mauk,Sukadiri,dan Kemiri.Dapil V terdiri dari kecamatan:Pasar kemis,Sindang jaya,dan Rajeg,Dapil VI terdiri dari Kecamatan:Teluknaga,Kosambi,Pakuhaji,Sepatan dan Sepatan Timur.

Pembagian Dapil ini semula sempat terjadi pembahasan yang cukup lama tentang wilayah Sukamulya.Wilayah pemekaran Balaraja ini di lihat dari perhitungan penduduk,masuk wilayah kresek.

Meski demikian,KPU akan melakukan uji publik sebelum penetapan Dapil.hal ini di lakukan untuk mengakomodir aspirasi dan masukan dari masyarakat tentang penetapan Dapil Pemilu 2014 mendatang.(R/S)

0 comments:

Poskan Komentar